Menu

23 July 2015

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS IKLAN

Assalamualaikum Pengunjung!!!

Contoh Iklan Produk
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA/MA/SMK yang berbasis kurikulum 2013 akan menemukan materi tentang Teks Iklan. Seperti apa pembahasan teks tersebut? Silahkan baca Artikel ini!

Struktur dan Kaidah Teks Iklan
Perhatikan contoh iklan tersebut!

Setiap teks memiliki struktur, namun kali ini dalam teks iklan dikenal adanya unsur pembentuknya. Dalam iklan unsur teksnya paling tidak mencakup diantaranya; judul dan sub judul, teks inti atau teks utama, alimat dasar, logo/nama perusahaan atau produk, dan foto produk.

Pada kenyataannya unsur tersebut tidak selalu berurutan sperti struktur teks lainnya, karena pembuatan iklan melibatkan kreativitas pembuatnya agar bisa menjadi daya tarik khalayak, sehingga strukturnya pun tidak teratur dan kaku.

Untuk melihat unsur-unsur tersebut dalam iklan, silakan perhatikan dengan saksama analisis unsur dari teks iklan yang sudah tersaji di atas.
  • Judul dan sub judul dalam iklan tersebut yaitu “Mastin – Garsinia Mangostana, Mangosteen, Manggis”
  • Teks inti atau teks utama, yaitu “Natural Ekstrak Manggis”
  • Kalimat dasar yang umumnya dipergunakan untuk mengetengahkan slogan, yaitu “Membantu Memelihara Kesehatan Kulit dan Tubuh"  “OHT – Obat Herbal Terstandar - Lulus Uji Praktisik”
  • Logo atau nama perusahaan, nama lembaga, atau nama produk, dalam iklan tersebut adalah “BOROBUDUR – Natural Herbal Industry”
  • Foto produk, yang menunjukan penampilan produk yang ditawarkan. Pasa iklan di atas tergambar dua botol Mastin dalam kemasan berbeda.

Selain struktur, teks iklan juga memiliki kaidah kebahasaan yang khas, yaitu penggunaan kalimat  fakta dan opini, karena sebuah iklan sangat erat hubungannya dengan kedua kalimat yang saling berlawanan tersebut. Kalimat fakta adalah kalimat yang berisikan hal-hal nyata dan tidak ada keraguan lagi dalam kebnenarannya karena sesuai dengan apa yang ada dan bersifat objektif. Sedangkan kalimat opini adalah kalimat yang berisi pernyataan perorangan yang mengungkapkan  pandangan, perasaan yang sifatnya subjektif.

Sebagai contoh, kita lihat kalimat fakta yang ada dalam teks iklan di atas.
Kalimat fakta: 
  • Mastin – Garsinia Mangostana, Mangosteen, Manggis
  • Natural Ekstrak Manggis
  • BOROBUDUR – Natural Herbal Industry
  • OHT – Obat Herbal Terstandar - Lulus Uji Praktisik

Kalimat opini:
  • Membantu Memelihara Kesehatan Kulit dan Tubuh
Sekian. Semoga Bermanfaat.

14 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. wahh lengkap sekali mas, silahkan baca juga ini mas mungkin bisa menjadi referensi :)
    materi teks iklan lengkap beserta contohnya

    ReplyDelete
  4. mantaapp, buat nambah aja nih bro kunjungi blog ane >> http://adf.ly/1Sqzdf

    ReplyDelete
  5. mantaapp, buat nambah aja nih bro kunjungi blog ane >> http://adf.ly/1Sqzdf

    ReplyDelete
  6. mantap gan infonya mungkin untuk tambahan bisa baca disini Kumpulan tugas​ dan materi kel​as SMA

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sangat membantu smoga bermanfaat

    ReplyDelete
  8. kira kira ini sumber tentang kaidah dan strukturnya dari mana ya mas?

    ReplyDelete