Menu

27 March 2015

TEKNIK PEMBELAJARAN "PERMAINAN BEREGU" DALAM BAHASA INDONESIA

Belajar Kelompok
Assalamualaikum Bapak/Ibu guru... Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah metode atau teknik pemeblajaran dalam pelajaran Bahasa Indonesia. memungkinkan juga untuk digunakan dalam pelajaran lain. metode ini saya berinama permainan beregu.
Permainan Beregu merupakan pengembangan dari teknik Team Game Tournament (TGT) yang saya kembangkan sendiri, yang mana TGT adalah sebuah teknik pembelajaran kooperatif, atau kita sebut pembelajaran secara kerjasama kelompok. Teknik ini menggunakan kerjasama kelompok dalam sebuah permainan yang mengarah pada materi pembelajaran, sehingga tercipta pembelajaran menarik dan memacu kecepatan dan ketepatan.
Kali ini, saya menerapkan teknik Permainan Beregu pada pembelajaran berbasis kurikulum 2013, yaitu meteri teks biografi di kelas XI. Namun pada kenyataannya, teknik ini bisa Anda pakai dalam pembelajaran apapun dan dikemas sesuai keinginan dan minat siswa, itulah keunggulan teknik ini.

Tujuan Pemebelajaran:
  • Menyususun kalimat-kalimat pembangun teks biografi
  • Menentukan struktur pembangaun
  • Mencari kata berimbuhan
Penjelasan Sekilas Pembelajaran:
Setelah siswa dibuat menjadi beberapa kelompok atau tim, kemudian setiap tim akan beradu kecepatan menyelesaikan tantangan. Tantangan akan dilakukan oleh semua anggota tim secara bergiliran atau estapet setiap 1 menit sekali sesuai urutan main. Permainan dilakukan secara bersamaan semua tim di meja yang sudah disediakan untuk masing-masing tim.
Posisikan siswa perkelompok berbaris menurut nomor utut, beri jarak 2-3 meter dari meja pertandingan. Permainan dapat dimulai. Hal yang pertama harus diselesaikan adalah menyusun kalimat-kalimat atau paragraph yang terpotong acak menjadi wacana/teks biografi utuh. Kemudian setelah beres, siswa menentukan struktur dari teks biografi yang telah tersusun tersebut. Lalu siswa mencari kaidah kebahasaannya yaitu mencari kata berimbuhan (awalan, sisipan, akhiran, dan awal-akhir) sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Jika semuanya telah beres tim akan menyatakan selesai. Kemudian guru mencatat waktu penyelesaian semua tim. Lalu memeriksa ketepatan pengerjaan tugasnya.
Tim dikatakan pemenang apabila berhasil menyelesaikan dengan waktu tercepat dan dengan pengerjaan yang tepat sesuai perintah. Pemenang mendapatkan hadiah yang disediakan guru untuk memotivasi semangat belajar seluruh siswa.
Setelah kegiatan beres, siswa diberikan lembar pertanyaan yang akan mengevaluasi pemahaman siswa tentang materi secara individu.

Persiapan:
  • Menyiapkan teks biografi sesuai jumlah tim yang diinginkan, misalnya siswa dibagi menjadi 4 tim maka harus menyiapkan empat teks biografi.
  • Setiap teks biografi dipotong-potong baik per kalimat atau paragraf dengan jumlah yang sama, misalnya menjadi sepuluh potong.
  • Siapkan sebuah kertas yang bisa memuat potongan kertas teks biografi untuk menempelkan setiap potongan kertas, serta lem 
  • Siapkan  alat penghitung waktu.
Pelaksanaan:
  1. Menyampaikan tujuan dan rencana pembelajaran
  2. Bagi siswa kedalam beberapa team (sesuaikan dengan jumlah siswa)
  3. Kondisikan kelas menjadi arena permainan yang memadai.
  4.  Berikan siswa arahan cara bermain.
  5. Siswa mulai bertanding adu cepat tepat menyelesaikan tantangan. Team tercepat dan paling tepat akan keluar menjadi pemenang.
  6. Kelompok berdiskusi untuk membagi ilmu yang didapat.
  7. Melakukan tes individu sederhana.
Demikian penjelasan penerapan sebuah teknik Permainan Beregu yang menarik untuk dicoba. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment